Dari Hobi Karate, Pensiunan Guru Bangun Sasana Olahraga

0
235

SHIMANEWS.id, Jepara – Meski tak lagi menjadi guru, Endro Siswoyo, masih berkiprah mengabdikan diri untuk pendidikan dan masyarakat.

Memanfaatkan lahan yang dimiliki, mantan guru SMP Negeri 1 Bangsri itu, memersilakan masyarakat yang ingin berolahraga fitnes, karate, tenis meja, dan olahraga lainnya berlatih di sasana yang dibangunnya.

Sasana yang berdiri Desa Wedelan Kecamatan Bangsri

Meski tak semegah sasana olahraga di tengah kota, sasana yang diberi nama Dojoku cukup memberi manfaat bagi masyarakat sekitar tempat tinggal Endro, Desa Wedelan Kecamatan Bangsri.

“Ya, memang ala kadarnya. Saya membuat ini karena, kesukaan saya karate. Kemudian dari pada saya gunakan sendiri, sekalian ditambah yang lain biar bisa dimanfaatkan yang lainnya juga,” kata Endro, Rabu, 25 November 2020.

Sasana juga dapat digunakan pada malam hari. Fasilitas penunjang juga sudah tersedia meski sederhana. Endro tak memungut biaya sewa bagi siapa saja yang menggunakan sasana Dojoku.

“Pokoknya gratis bagi siapa saja. Silakan berolahraga sepuasnya,” kata Endro yang juga anggota DPD Jepara Partai NasDem.

Saat ini tiap Rabu sasana digunakan ibu-ibu untuk senam yoga yang dipandu Vico. Kemudian, Jumat digunakan anak-anak untuk berlatih karate yang diasuh simpe Suparjo.

Sementara, Sabtu digunakan untuk berlatih kick boxing dan free style fighting yang diasuh Harno.

“Hari-hari lainnya digunakan untuk pelatihan tenis meja. Semua kegiatan-kegiatan itu gratis,” ujar Endro.

Selama masa pandemi covid-19, aktifitas pelatihan masih tetap berjalan. Namun, jumlah peserta dibatasi untuk menghindari terjadinya kerumunan (SN/01)

Reporter : Budi
Editor : Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here