Hari Cinta Puspa dan Satwa Diperingati dengan Melepasliarkan Ratusan Burung

0
206
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara, Farikha Elida, membagikan tempat sampah untuk warga Desa Klepu secara simbolis

SHIMANEWS.id, Jepara – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara bersama masyarakat Desa Klepu Kecamatan Keling melepasliarkan ratusan burung berbagai jenis. Selian itu, juga dilakukan penanaman dan pembagian bibit tanaman kelapa kopyor.

Kepala DLH Kabupaten, Farikha Elida, mengatakan itu merupakan kegiatan perigatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Selain melepasiarkan burung dan pembagian bibit tanaman, juga dibagikan tempat sampah untuk warga.

“Bertepan dengan hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati,” ujar Elida, Jumat, 4 Desember 2020.

Beberapa jenis burung yang dilepasliarkan yaitu burung merpati, burung perkutut, dan beberapa jenis berung berkicau. Usai melepasliarkan aneka jenis burung, masyarakat diminta untuk menjaga dan merawat.

“Caranya bagaiamana? Ya, biarkan burung-burung itu hidup di habitatnya, jangan diburu,” kata Elida.

DLH Kabupaten Jepara sengaja membagikan bibit tanaman kelapa kopyor, itu mengingat salah satu desa penghasil kelapa kopyor di Bumi Kartini adalah Desa Klepu. Juga dibagikan ratusan bibit tanaman buah seperti alpukat dan durian.

“Kalau kelapa kopyornya kan memang sudah terkenal. Ini ditambah lagi alpukat dan durian, kepada masyarakat silakan dirawat yang bagus,” ungkap Elida usai memberikan bantuan bibit tanaman buah secara simbolis. (Munawir/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here