Mengenali Ciri Durian Lekak

0
305

SHIMANEWS.id, Jepara – Durian merupakan buah dengan rasa khas dengan aroma yang semerbak. Dibutuhkan ketelitian dalam memilih buah berkulit duri ini. Serta penciumana yang bagus untuk memilih buah durian yang sudah masak.

Juri Lomba Durian yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara, Pratomo, mengatakan ada du acara untuk mengenali durian yang enak. Yaitu dilihat dari luar dan dalam atau isi.

“Kalau dari luar, bentuk buahnya bulat sempurna. Kemudian bintang pada badian bawah kulit lebar,” ujar Pratomo, Kamis, 10 Desember 2020.

Ciri lainnya, durian yang enak pada umumnya memiliki duri yang tidak terlalu lancip. Kemudian dasar duri kulit durian berukuran lebar.

“Lalu dicium. Kalau aromanya wangi berarti durian itu sudah matang,” kata Pratomo.

Bila dilihat dari isi, durian yang enak memiliki daging yang tebal. Kemudian, daging durian tidak lembek. Pada umumnya, durian yang enak memiliki warga daging kuning.

“Terakhir ya, dirasakan. Enak tidaknya durian bergantung selera, karena ada yang suka manis, ada yang suka manis legit, ada juga yang suka manis ada pahit-pahitnya,” kata Pratomo.

BACA JUGA : Musim Durian di Jepara Baru

Informasi yang dihimpun, harga durian saat ini mulai Rp25 ribu hingga Rp100 ribu per butir. Saat ini musim durian di Kabupaten Jepara baru dimulai. Puncak musim durian diperkirakan pada Februari 2021. Sementara musim durian diprediksi hingga Maret 2021. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here