Musim Durian di Jepara Baru Mulai

0
266

SHIMANEWS.id, Jepara – Musim durian di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, baru saja di mulai. Puncak musim durian akan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Diyar Sutanto, mengatakan buah durian yang sudah ada saat ini belum banyak. Sebab, puncak musin durian diperkirakan akan terjadi Februari 2021.

“Sudah ada beberapa titik yang saya datangi langsung. Semuanya (petani durian) mengatakan masih banyak lagi di Januari Februari,” ujar Diyar ditemui di kantornya, Kamis, 10 Desember 2020.

Musim durian akan berlangsung hingga Maret 2021. Itu karena, musim durian tahun ini mundur dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau durasinya (musim) panjang, berarti volume buahnya banyak,” kata Diyar, di sela-sela kegiatan lomba durian di kantor DKPP.

BACA JUGA: Mengenali Ciri Durian Lekak

Seperti diketahui, durian Pertuk dari Jepara pernah menjadi durian andalan. Kini, pohon durian petruk di Jepara jumlahnya tidak banyak. Tapi, durian sejenis petruk banyak ditemukan di Jepara.

“Keungulan Jepara itu memiliki varietas durian yang banyak. Yang sudah dikenal salah satunya durian petruk. Untuk menggali potensi ini, maka kami selenggarakan lomba durian ini,”ungkap Diyar.

Informasi yang dihimpun, harga durian saat ini mulai Rp25 ribu hingga Rp100 ribu per butir. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here