Wisata ke Karimunjawa Tetap Nyaman di Musim Hujan

0
176

SHIMANEWS.id, Jepara –  Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kota Ukir. Di musim panas, wilayah terluar Bumi Kartini jadi jujugan wisatawan lokal dan manca negara. Saat musim hujan tiba, aktivitas pariwisata mengalami penurunan, namun masih tetap berwisata dengan nyaman.

Traveler Jepara, Ardiansyah, mengatakan berwisata ke Karimunjawa pada musim hujan butuh persiapan ekstra. Sebab, jadwal pelayaran kapal penyebrangan dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi perairan.

“Obat-obatan pribadi jangan sampai ketinggalan, sebab toko obat di sana (Karimunjawa) terbatas. Fasilitas kesehatan hanya ada Puskesmas yang berada di depan Pasar Karimunjawa,” ujar Ardian, Kamis, 10 Desember 2020.

Bila berwisata ke Karimunjawa pada musim hujan ada baiknya membawa uang tunai lebih. Itu untuk mengantisipasi jika terjadi penundaan pelayaran kapal penyebrangan, wisatawan tetap bisa membeli kebutuhan selama di Karimunjawa.

“Jumlah mesin ATM di Karimunjawa terbatas. Selain itu, tidak banyak toko atau tempat makan yang menyediakan pembayaran elektronik. Jadi, harus membawa uang tunai lebih,” kata Ardian.

Bila kondisi gelombang tinggi di perairan Karimunjawa, wisatawan tetap bisa menjelajah daratan Karimunjawa. Objek wisata darat yang dapat dikunjungi seperti Bukit Joko Tuwo, mangrove track di Kumujan, Bukit Karimunjawa, dan wisata kuliner hasil laut.

BACA JUGA: Mau Mancing, di Sini Spotnya

“Selain kuliner hasil laut seperti ikan bakar atau pindang serani, kuliner khas Karimunjawa yang cocok saat musim hujan lontong krubyuk,” kata Ardian.

Berwisata ke Karimunjawa saat musim hujan, wisatawan harus memiliki waktu libur cukup panjang. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi penundaan pelayaran dan tak bisa kembali ke daratan Jepara sesuai rencana awal, tidak mengganggu jam kerja. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here