Banjir Gedangan, Solusinya Normalisasi Sungai

0
440

SHIMANEWS.id, Jepara –  Anggota DPRD Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Padmono Wisnugroho, melihat langsung kondisi genangan di Desa Gedangan Kecamatan Welahan. Pasalnya, sejak lima hari terakhir permukiman warga di wilayah tersebut tergenang yang disebabkan meluapnya sungai Serang Welahan Drainase (SWD) 1.

“Tadi setelah saya lihat langsung, solusinya ya normalisasi sungai (SWD 1). Agar posisi sungai bisa lebih di bawah. Pakai pompa air bisa tapi itu sifatnya hanya membantu,” ujar Wisnu, politisi Partai NasDem, Sabtu, 12 Desember 2020.

Dikatakan Wisnu, saat ini posisi alur sungai SWD 1 lebih tinggi bila dibanding dengan permukaan sungai yang melintas di wilayah permukiman. Akibatnya, jika debit sungai SWD I naik akan meluap ke wilayah permukiman.

“Setelah melihat kondisi ini, segera kami akan koordinasi dengan pengarian kabupaten maupun provinsi untuk mengatasi masalah ini,” kata Wisnu.

Anggota DPRD Jepara, Padmono Wisnugroho, melihat langsung
kondisi banjir di Desa Gedangan, Welahan. Foto: Ahmad/Shimanews.id

Salah satu warga, Eko Budoyo, mengatakan setiap hujan turun muncul genangan air. Saat ini air yang menggenangi wilayah permukiman mencapai 40 sentimeter.

“Ya, setiap tahun ya begini ini. Genangan ini sudah lima hari ini belum surut. Surutnya nanti menunggu sungai surut,” kata Eko.

BACA JUGA: Sudah Lima Hari Desa Gedangan Tergenang

Akibat genangan ini aktivitas warga terganggu. Jalan penghubung di permukiman terpaksa ditutup. Sedikitnya ada 40 kepala keluarga yang rumahnya terendam air. (Ahmad/SN)

Tinggalkan Balasan