Sudah Lima Hari Desa Gedangan Tergenang

0
257

SHIMANEWS.id, Jepara – Sejak lima hari terakhir wilayah permukiman di Desa Gedangan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tergenang. Itu disebabkan naiknya air sungai Serang Welahan Drainase (SWD) I. Serta hujan yang turun belakangan ini.

Salah satu warga, Arifin, mengatakan mengatakan air yang menggenai permukiman warga lantaran pintu air sungai dari permukiman ke sungai SWD I tidak berfungsi maksimal. Sehingga, ketika permukaan air sungai SWD I naik airnya masuk ke wilayah permukiman.

“Semestinya, pintu air ini lebih tinggi lagi. Jadi kalau sungainya meluap airnya tidak masuk ke kampung-kampung. Kalau seperti ini, pintuya kurang tinggi, begitu air sungai naik ya, masuk lewat celah pintu,” ujar Arifin sembari menunjukan kondisi pintu air, Jumat petang, 11 Desember 2020.

Warga lainnya, Eko Budoyo, mengatakan akibat genangan air membuat aktivitas warga terganggu. Sejumlah ruas jalan desa terpaksa ditutup. Kondisi itu sudah terjadi sejak lima hari lalu.

Warga melintas di tengah genangan di Desa Gedangan, Welahan. Foto: Shimanews.id

“Ya seperti ini kalau air sungai naik. Ditambah hujan jadinya banjir kaya ini. Setahun bisa sampai tiga kali,” kata Eko.

Sedikitnya ada 40 rumah warga yang tergenang. Selain itu, air juga menggenangai sejumlah fasilitas umum.

“Kondisi kaya gini sudah lama. Pokoknya kalau hujan ya, banjir tapi tidak pernah dicarikan solusi agar tidak banjir seperti apa,” kata Eko.  

BACA JUGA: Ini Rentetan Peristiwa Lantaran Hujan Angin di Jepara

Pantauan Shimanews.id, ketinggian air yang menggenangi wilayah permukiman hingga 40 sentimeter. Genangan air dimanfaatkan anak-anak untuk bermain. Akses jalan desa yang tergenang ditutup. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here