Burung Tetap Ngoceh di Musim Hujan, Ini Tipsnya

0
437

SHIMANEWS.id, Jepara – Pada musim hujan ocehan burung kicau cendereng berkurang. Itu karena pengaruh hawa dingin dari musim hujan. Nah, agar burung kicau tetap ngoceh di musim penghujan, berikut ini tipsnya.

Pencinta burung kicau, Arifin Sukawi, mengatakan pada musin hujan burung cenderung pasif. Agar burung tetap aktif disaat musim hujan maka burung harus dibuat hangat.

“Cranya mencuri-curi waktu. Kalau memang ada sinar matahari maka harus segera dijemur biar burung hangat,” ujar Arifin, warga Desa Dudakawu Kecamatan Kembang, Selasa, 15 Desember 2020.

Hal lain yang mesti diperhatikan, yaitu menempatkan sangkar burung. Bila biasanya menggantungkan sangkar burung di depan rumah, maka ha itu jangan dilakukan pada saat musim hujan. Untuk menjaga kehangatan suhu badan burung, baiknya sangkar digantung di dalam rumah.

“Kalau di dalam rumah kan hangat, hawa dingin tidak terlalu kalau di dalam,” kata Arifin yang biasa disapa Kaji Kawi.

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk menjaga suhu badan burung tetap hangat, yaitu dengan mendekatkan sangkar burung satu dengan lainnya. Jika diperlukan, bisa diberi penerangan lampu bolam dengan watt rendah. Selain berfungsi menjaga suhu badan burung, juga untuk penerangan.

BACA JUGA: Mau Mancing? Di sini Spotnya

“Terus kalau saat dijemur kok burung kehujanan basah kuyup, maka segera ambil handuk untuk mengeringkan air. Bisa juga menggunakan pengering rambut. Jika dibutuhkan, bisa meletakan kotak lampu di dekat sangkar,” ungkap Kaji Kawi.

Hal lain yang juga penting diperhatikan adalah asupan makanan. Jangan sampai telat memberi makan burung.

“Tidak hanya burung kicau, burung yang lain juga butuh kehangatan kalau musim hujan,” kata Kaji Kawi disambung kelakar tawa. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here