Kunjungan Wisatawan ke Karimunjawa Diprediksi Menurun Saat Libur Nataru

0
194

SHIMANEWS.id, Jepara –  Kunjungan wisatawan ke kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara saat libur natal dan tahun baru (nataru) diprediksi menurun. Itu karena musim angin barat datang lebih awal. Serta masih dalam masa pandemi covid-19.

Seperti yang diberitakan Medcom.id, Camat Karimunjawa, Nor Soleh, jumlah kunjungan wisatawan pada musim libur nataru bisa mencapai 5.000 wisatawan. Namun, tahun ini diprediksi menurun.

“Meski begitu kami tetap meminta satgas di Jepara dan Karimunjawa, terutama di pelabuhan penyebrangan tetap memperketat protokol kesehatan,” kata Soleh, Rabu 16 Desember 2020.

Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Suroto, mengatakan sampai saat ini belum nampak lonjakan wisatawan. Sampai saat ini belum ada penambahan jadwal pelayaran untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan.

“Ini jadwal masih melihat kondisi gelombang laut. Kalau memang cuaca bagus ya berangkat, tapi kalau gelombang tinggi ya, tidak. Tapi kalau memang ada penumpukan penumpang dan cuaca bagus, ya jadwal pelayaran ditambah,” ujar Suroto.

Pada libur nataru tahun-tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Krimunjawa mencapai ribuan tiap pekan. Namun, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, pihaknya tidak dapat memprediksi jumlah kunjungan tahun ini.

“Tapi kami akan tetap mendirikan posko libur natal dan tahun baru untuk penerapan protokol kesehatan bagi yang mau menyebrang ke Karimunjwa,” kata Suroto. (Medcom.id/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here