Pemkab Jepara Alokasikan Anggaran Kebencanaan Rp2 Miliar

0
190

SHIMANEWS.id, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mengalokasikan anggaran kebencanaan pada tahun 2021 sebesar Rp2 miliar. Anggaran itu untuk antisipasi maupun penangangan dampak bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Kusmiyanto, mengatakan antisipasi dan penanganan dampak bencana juga menggunakan anggaran yang bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responbility (CSR). Namun, tahun ini pihaknya kesulitan menghimpun dana CSR untuk penanganan dampak bencana.

“Untuk CSR agak sulit karena dampak covid-19. Terus tahun depan seperti apa kami belum tidak bisa memprediski karena kondisinya masih seperti ini,” ujar Kusmiyanto, Rabu 16 Desember 2020.

Selain anggara kebencanaan, Pemkab Jepara juga telah menyiapkan anggaran tak terduga sebesar Rp40 miliar. Anggaran ini dapat digunakan untuk kebutuhan yang bersifat tak terduga seperti penanganan bencana.

BACA JUGA Sudah Lima Hari Desa Gedangan Tergenang

“Resiko bencana di Jepara memang tinggi, karena letak geografis dan kondisi alamnya,” kata Kusmiyanto.

Dikatakan Kusmiyanto, Indeks Risiko Bencana (IRBI) di Kabupaten Jepara menempati urutan ke 10 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Sementara, secara nasional Kabupaten Jepara menempati urutan ke 157 dengan skor 163,20 poin. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here