Sampah Infeksius Covid-19 Mulai Diangkut

0
229

SHIMANEWS.id, Jepara – Sampah infeksius covid-19 akhirnya mendapat penanganan. Itu setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara yang diminta mengelola limbah covid-19 mendapatkan pihak ketiga yang mau mengangkut sampah tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Kusmiyanto, mengatakan hari ini sampah infeksius mulai diambil pihak ketiga yang sudah ditunjuk. Setelah ditimbang, jumlah sampah infeksius yang menumpuk di TPA Bandengan sebanyak 1,1 ton. Sementara yang di halaman kantor BPBD Kabupaten Jepara diperkirakan mencapai 1,5 ton.

“Total hari ini yang sudah diangkut ada 2 ton lebih. Semula perkiraan diangkut du truck cukup, ternyata tidak. Ini masih ada sisa di halam kantor (BPBD), tapi nanti malam akan diambil,” ujar Kusmiyanto, Kamis, 24 Desember 2020.

Sisa sampah yang masih menumpuk di halaman kantor BPBD diperkirakan 100 kilogram lebih.

Setelah sampah infeksius covid-19 diambil, teknis pengelolaan sampah infeksius hasil dari penanganan covid-19 akan dibicarakan lebih lanjut dengan dinas berkait.

“Yang penting yang ada saat ini bersih dulu. Karena sampah covid-19 ini sewaktu-waktu ada, teknis selanjutnya akan kami bicarakan,” kata Kusmiyanto.

BACA JUGA: Pansus DPRD Jepara Kecewa Terhadap Kinerja Satgas Covid-19

Sebelumnya, penanganan sampah infeksius ini membuat Panses DPRD Jepara kecewa terhadap kinerja Satgas Covid-19. Ketua Pansus Bidang Kesehatan DPRD Jepara, Nur  Hidayat, mengatakan munculnya masalah pengelolaan sampah menunjukan kinerja Satgas Penanggulangan Covid-19 tidak optimal. Semestinya pengelolaan sampah infeksius covid-19 tak menjadi masalah baru.

“Terkait masalah limbah medis covid-19 sudah jelas itu limbah B3 dan dalam penanganannya juga sudah jelas. Seharusnya hal tersebut tidak ada masalah, kalau melihat masalah tersebut intinya pemerintah tidak bisa kerja dengan baik,” ujar Nur Hidayat, politisi partai NasDem. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here