Garnita Malahayati Bersih-bersih Pantai

0
191

SHIMANEWS.id, Jepara – Wilayah pesisir Kabupaten Jepara selalu menghadapi persoalan sampah setiap musim penghujan dan angin barat. Pasalnya puluhan ton sampah laut berserakan di sepanjang pantai di wilayah pesisir barat Jepara. Untuk mengurai persoalan itu, garda wanita (Garnita) Malahayati melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai.

Ketua Garnita Malahayati Kabupaten Jepara, Farah Elfirajun, mengatakan salah sati titik pantai yang dipenuhi sampah dari laut adalah Pantai Teluk Awur. Sampah pantai berupa ranting dan batang kayu teronggok di sepanjang pantai.

“Setiap musim hujan dan angina barat, kondisinya seperti ini, banyak sampah dipantai. Karena tidak mungkin kalau hanya mengandalkan petugas kebersihan saja, itu sebabnya Garnita Malahayati hari ini melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai,” ujar Farah, Kamis, 28 Januari 2021.

Di tepi pantai, belasan anggota Garnita Malahayati langsung menyisir pantai. Sampah-sampah yang berserak di tepi pantai langsung dipungut, dikumpulkan, sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir. Ada pula yang berkempok saat mengambil sampah.

“Kalau sampah yang berat-berat ya, terpaksa harus bersama-sama, karena kalau sendiri kami ya, tidak kuat,” kata Farah.

Seperti diketahui, Pantai Teluk Awur merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang dikelola desa. Seperti pantai di Jepara pada umumnya, Pantai Teluk Awur merupakan pantai berpasih putih. (Kayi/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here