Dapur Umum Didirikan untuk Korban Banjir

0
135

SHIMANEWS.id, Jepara – Dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan korban banjir warga Desa Dorang Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara sudah didirikan. Ada dua dapur umum yang didirikan. Yaitu dapur umum di bawah komando Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan dibawah koordinasi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, mengatakan dapur umum Tagana mampu mengolah 1.000 porsi makanan. Selesai dimasak, makanan dikemas lalu dibagikan kepada warga.

“Mulai pagi sudah disiapkan untuk sarapan dan makan siang. Ada lebih 1000 nasi bungkus tiap kali masak,” ujar Arwin, Selasa, 2 Februari 2021.

Petinggi Desa Dorang Arief Supratikno mengatakan, selain dapur umum dari Dinas Sosial, beberapa Rukun Tetangga (RT) juga membuat dapur umum sendiri untuk memenuhi kebutuhan warganya. Namun demikian, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan bahan pokoknya.

“Tiap RT juga sudah membuat dapur umum. Hanya logistiknya yang masih kurang,” kata Arif.

Hingga kini sejumlah warga sudah mulai mengungsi ke rumah saudara. Namun, tak sedikit pula yang bertahan di tengah genangan.

Banjir yang terjadi Minggu malam, 31 Januari 2021, merendam ratusan rumah warga. Sedikitnya 1.000 kepala keluarga terdampak. Akses jalan alternatif penghuhung Mayong – Welahan, terputus. Ketinggian air di wilayah permukiman hingga 50 sentimeter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here