PA Jepara Kekurangan Hakim

0
152

SHIMANEWS.id, Jepara –  Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kekurangan hakim. Idealnya dalam persidangan ada tiga majelis hakim. Namun, saat ini persidangan di PA Jepara dipimpin hakim tunggal.

Ketua PA Kabupaten Jepara, Abdul Rahim, mengatakan pelaksanaan sidang dengan hakim tunggal telah mendapat izin dari Mahkamah Agung. Sidang dengan hakim tunggal lantaran rasio sidang yang cukup banyak.

“Dalam setahun bisa sampai 2.000 lebih persidangan. Hakim di sini ada empat orang termasuk ketua,” ujar Abdul Rahim usai serah terima jabatan hakim baru di PA Kabupaten Jepara, Kamis, 11 Februari 2021.

Saat ini ada empat hakim di PA Kabupaten Jepara. Satu diantaranya dimutasi ke PA Kabupaten Kudus. Untuk mengisi kekurangan hakim, ditugaskan tiga hakim baru di PA Kabupaten Jepara. Yaitu, hakim Sujadi yang sebelumnya bertugas di PA Kabupaten Brebes.

“Kemudian hakim Ali Sofwan sebelumnya bertugas di PA Kabupaten Muara Saba, Jambi dan hakim Ayeb Soleh dari PA Purworejo. Jadi dari sini keluar satu, masuk tiga. Berarti ada lima hakim bertugas di PA Jepara,” kata Abdul Rahim.

PA Kabupaten Jepara selama Januari 2021 telah menangani cerai gugat 129 perkara dan perkara cerai talak sebanyak 45 kasus. Penyebab perceraian itu didominasi kekerasan dalam rumah tangga. Yaitu sebanyak 110 kasus. Kemudian lantaran faktor ekonomi sebanyak 49 kasus. (Rhs/SN)

Tinggalkan Balasan