Hujan Deras, Atap Kantor Balai Desa dan Rumah di Jepara Roboh

0
165

SHIMANEWS.id, Jepara –  Atap bangunan kantor Balai Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, roboh. Itu setelah hujan lebat mengguyur wilayah setempat sejak Minggu malam, 14 Februari 2021. Selain itu, juga disebabkan kondisi bangunan yang sudah rapuh.

Kepala Desa Bangsri, Sunaryo, mengatakan sejak 2019 bangunan kantor balai desa rusak. Tembok bagian gedung pertemuan mengalami kerusakan. Begitu juga penyangga atap melengkung.

“Agar tidak roboh sudah kami antisipasi dengan memberi kayu-kayu penyangga. Kondisi itu juga sudah kami sampaikan kepada pak bupati,” ujar Sunaryo, Senin, 15 Februari 2021.

Pemerintah desa tahun lalu sudah merencanakan perbaikan dengan menggunakan anggaran dari dana desa. Namun, dana desa pada tahun ini di dalam peraturan menteri desa yang terbaru tidak boleh digunakan untuk membangun kantor balai desa.

“Tahun lalu kami sudah izin bupati dan dizinkan, tapi dalam aturan Permendes yang baru dana desa tidak boleh salahsatunya untuk membangun kantor desa dan di atauran itu tidak ada pengecualian seiizin bupati, jadi yang tidak jadi dilaksanakan,” kata Sunaryo.

Meski atap roboh, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan normal. Sebelumnya, dokumen-dokumen penting sudah disimpan di tempat yang aman.

Peristiwa serupa juga terjadi di Desa Jugo Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Rumah Sholkan roboh setelah turun hujan di desa setempat.

“Peristiwanya tadi malam (Minggu, 14 Februari 2021). Tidak ada korban jiwa, saat ini pemilik rumah dan anaknya mengungsi ke rumah saudaranya,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here