Isi Waktu Luang dan Jaga Imun dengan Berkebun

0
181

SHIMANEWS.id, Jepara –  Banyak kegiatan bisa dilakukan mengisi waktu luang untuk mengurai penat. Itu seperti bercocok tanam. Seperti yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Jepara, Pratikno.

“Rutin setidaknya sepekan sekali kalau pas tidak ada agenda ke keluar kota saya sempatkan ke kebun,” ujar Pratikno, Jumat, 25 Februari 2021, usai menanam jahe di kebunnya di Desa Mulyoharjo.

Selain jahe merah, Pratikno, juga menanam aneka jenis sayur dan rempah. Itu seperti beragam jenis cabai. Seperti cabai merah panjang, cabai rawit, dan cabai imperial. Ada pula aneka jenis terong, seperti terong hijau dan terong ungu.

“Juga ada kacang panjang dan ketimun. Saya gunakan sistem tumpang sari. Lahannya tidak luas tapi bisa bermacam-macam tanaman,” kata Pratikno.

Pratikno mengaku tak sanggup mengelola tanaman sendiri. Dia dibantu sejumlah pekerja merawat dan menanam aneka jenis tanaman.

“Ya jelas dibantu tidak mungkin saya sendiri, tapi kalau mencangkul ya, tetap masih kuat, sekaligus buat cari keringat untuk menjaga imunitas,” kata Pratikno.

Hasil panen sayuran dan rempah tak pernah dijual. Pratikno membagikan hasil kebun kepada saudara dan warga sekitar. Sebab, hasil panen tidak habis bila dikonsumsi sendiri.

“Dimanfaatkan sendiri secukupnya juga dibagikan ke warga, sekaligus memberikan eduksi kepada masyarakat kalau kita mau menfaatkan lahan yang kita miliki dengan baik, maka juga membatu kebutuhan dapaur, tidak harus selalu membeli,” pungkas Pratikno. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here