Dua Bersaudara Pelaku Pencurian Motor di Tempat Ibadah Diringkus

0
253

SHIMANEWS.id, Jepara – Pencuri sepeda motor spesialis di tempat ibadah akhirnya diringkus Polres Jepara. Kakak adik, Selamet Riyanto dan Muhammad Roni diringkus bulan lalu di Kudus.

Kapolres Jepara, AKBP Aris Tri Yunarko, mengatakan tersangka merupakan warga Desa Karangaji, Kecamatan Kedung. Tersangka Selamet berjejaring dengan pelaku yang berasal dari Kabupaten Pati, Roni, yang masih saudaranya. Keduanya sudah mencuri di 25 tempat kejadian perkara (TKP).

”TKP pencurian di Jepara, Kudus, dan Rembang. Tersangka ini spesialis melakukan curanmor (pencurian kendaraan bermotor, red) waktu pagi hari. Biasanya di tempat ibadah (masjid, red),” ujar Aris saat gelar perkara di Mapolres Jepara, Selasa, 9 Maret 2021.

Para tersangka melancarkan aksinya saat korban sedang salat Subuh di masjid. Dengan menggunakan kunci letter T, tersangka dengan mudah membawa lari sepeda motor meskipun sebelumnya dalam keadaan terkunci.

Tersangka, Selamet, mengaku nekat mencuri sepeda motor di masjid dengan alasan lebih mudah dan aman. Dia mengaku hanya membutuhkan waktu kurang dari enam menit untuk bisa membawa kabur kendaraan korbannya. Ia biasa melancarkan aksinya dengan adik kandungnya yang saat ini masih diperiksa oleh Polres Pati.

”(mencuri di masjid, red) itu lebih mudah. Lebih aman,” kata Selamet.

Karena tindakan itu, Polres Jepara menjerat tersangka dengan pasal 366 jo 64 KUHP dengan hukuman 7 tahun penjara. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here