Harga Cabai Setan Kian “Pedas”

0
161

SHIMANEWS.id, Jepara –  Harga cabai setan di pasar tradisional di Jepara mencapai Rp110.000 per kilogram. Padahal stok dan pasokan cabai setan tak mengalami kelangkaan.

Seorang pedagang di Pasar Jepara Satu, Nur, mengatakan stok cabai rawit di tengkulak tak mengalami kelangkaan. Tetapi, pasokan cabai setan ke pedagang dikurangi.

“Saya biasanya sehari dapat dua kilogram, sekarang jadi satu kilogram. Terus yang biasanya dapat lima kilogram, jadi tiga kilogram. Barangnya ada tapi dikurangi,” ujar Nur, Selasa, 9 Maret 2021.

Di sela-sela melayni pembeli, Nur, mengungkapkan harga cabai setan naik sejak dua pekan terakhir. Sebelumnya, harga cabai rawit hanya Rp60 ribu per kilogram.

Naiknya harga cabai setan mempengaruhi daya beli masyarakat. Jumlah pembeli menurun drastis. Pembeli cabai setan saat ini pedagang makanan ayam geprek.

“Yang masih (membeli) pedagang-pedagang ayam geprek, karena sambalnya memakai cabai rawit tidak cabai yang biasa,” kata Nur.

Akibat mahal dan turunnya daya beli masyarakat, Nur terpaksa mengurangi jumlah cabai rawit yang dijual. Sebab, cabai rawit tidak tahan lama.

“Tidak berani (stok) banyak-banyak. Sekarang kelihatannya masih segar-segar, tapi besok sudah mulai membusuk,” kata Nur.

Sementara untuk harga cabai jenis lainnya, malah ada yang mengalami penurunan. Itu seperti cabai biasa. Saat ini per kilogram hanya Rp30 ribu.

“Cabai merah panjang juga masih normal harganya,” kata Nur. (Rhs/SN)

Tinggalkan Balasan