Vaksinasi Lansia Tak Ada KIPI

0
140

SHIMANEWS.id, Jepara – Vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) dimulai kemarin, Selasa, 9 Maret 2021. Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) tak ditemukan. Usai divaksin, para lansia tetap sehat bugar.

Seorang warga, Sutarmo, usia 73 tahun, mengatakan tidak merasakan apapun ketika dan sesudah disuntik vaksin covid-19. Meskipun sebelumnya memiliki riwayat penyakit paru-paru.

“Punya gejala paru-paru dari tahun 80an. Tadi pas disuntik tidak merasakan apa-apa. Setelah disuntik juga tidak apa-apa,” kata Sutarmo usai divaksin di gedung Suni Ngesti Tomo, Rabu, 10 Maret 2021.

Kondisi serupa juga dialami Puji Astuti, seorang nenek berusia 59. Ia sama sekali tidak merasakan sakit saat disuntik. Meskipun, dia mengaku takut saat akan disuntik.

“Tadi pas mau disuntik takut, tapi ternyata tidak kenapa-kenapa. Alhamdulillah sudah bisa divaksin,” ujar Puji.

Sesaat usai disuntik Puji semat merasakan ngilu di lengan tangan yang diberi suntikan vaksin. Namun, rasa ngilu itu hanya dirasakan sesaat. Setelah menjalani obeservasi selama 30 menit, rasa ngilu hilang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun, menyebut selama tiga hari ini ada 403 lansia yang disasar untuk divaksin. Rinciannya, 64 lansia binaan PPLSU, 30 lansia pengurus PWRI, dan 309 lansia anggota PWRI.

Pada hari pertama, kata Mudrikatun, peserta yang hadir ada 134 lansia. Yang bisa disuntik hanya 73 orang dan sebanyak 34 orang vaksinasinya harus ditunda.

”Kemarin yang tidak dapat divaksin ada 27 orang,” terang dia. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here