NasDem Kirim Peternak dari Jepara Belajar ke Subang

0
245

SHIMANEWS.id, Jepara – Sebanyak 50 peternak dari Kabupaten Jepara, Kudus, dan Demak dikirim ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Peternakan IBEKA di Subang, Jawa Barat. Itu untuk menambah pengetahuan peternak agar mampu menghasilkan hasil ternak yang unggul dan produktif.

Tenaga Ahli anggota DPR RI Lestari Moerdijat, Lia Eldest Sihotang, mengatakan para peternak akan belajar selama sepekan di Yayasan Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA). Itu supaya menambah pengetahuan peternak agar dapat meningkatkan hasil ternak.

“Ini bentuk perhatian dari Ibu Lestari Moerdijat dan Partai NasDem, dengan harapan ketika hasil ternak meningkat juga dapat meningkatkan perekonomian peternak itu sendiri,” ujar Lia usai melepas peternak ke Subang, Minggu, 14 Maret 2021.

Pelatihan ini, Lia melanjutkan, juga untuk mendorong usaha masyarakat lokal. Sehingga tercipta keragaman ekonomi melalui program energi terbarukan, pembentukan koperasi desa, kegiatan pertanian berkelanjutan, serta usaha rumah tangga. Termasuk pembuatan pakan ternak serta pengembangan pabrik kecil dan bengkel lokal.

“Ketika usaha peternakan ini meningkat, tentunya dampak positifnya tidak hanya dirasakan peternak itu sendiri, tapi juga dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar,” kata Lia.

Peternak ayam dari Desa Geneng Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Dwi Bambang Hermawan, mengatakan kesempatan belajar ini bakal dia manfaatkan dengan baik. Banyak hal yang ingin dia pelajari. Itu seperti persoalan pakan ternak.

“Bisa menambah pengetahuan tentang pakan ternak, menambah relasi peternak,” kata Bambang.

Sepulang dari Subang, Bambang, mengatakan akan membagikan ilmu yang didapat kepada peternak yang ada di Jepara.

Seperti diketahui, Yayasan IBEKA adalah entitas bisnis sosial yang berfokus pada bidang teknik.
Dengan menggabungkan teknologi yang disesuaikan dan kesadaran sosial untuk memberdayakan penduduk desa. Serta kelompok marginal di daerah perkotaan. Pelatihan di IBEKA tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan, tetapi juga untuk mendorong masyarakat menciptakan kemandirian ekonomi. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here