Setahun Terjadi Ratusan Kali Peristiwa Kebakaran

0
154

Latihan memadamkan api dengan cara tradisional (Foto: Shimanews.id)

SHIMANEWS.id, Jepara – Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mencatat dalam setahun terjadi peristiwa kebakaran lebih dari 130 kali. Itu dikarenakan rendahnya pemahaman masyarakat ketika terjadi kebakaran.

Kepala Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Jepara, Surana, mengatakan masyarakat harus bisa mengatasi lima menit pertama ketika terjadi kebakaran. Yaitu dengan memadamkan sumber api dengan cara tradisional maupun menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

“Tahun 2020 dalam setahun ada 130 lebih. Lima menit pertama (peristiwa kebakaran) itu harus segera ditangani, kalau tradisional ya, dengan kain seperti handuk, sarung, seprai dibasahi,” kata Surana sembari mempraktikan cara memadamkan api dengan menggunakan kain karung basah kepada awak media di Jepara, Jumat, 19 Maret 2021.

Kebakaran di Bumi Kartini didominasi peristiwa kebakaran pada pabrik atau gudang mebel. Yaitu disebabkan terbakarnya ruang pengeringan kayu. Selain itu, minimnya apar di tempat produksi mebel rumahan.

“Kalau gudang mebel, baiknya bahan-bahan yang mudah terbakar ditempatkan di tempat terpisah,” kata Surana.

Ketua PWI Kabupaten Jepara, Budi Santoso, mengatakan pengetahuan dan pemahaman tentang memadamkan api juga penting diketahui bagi awak media. Sebab sering kali melakukan peliputan di lokasi kebakaran.

“Dengan adanya latihan ini jadi, ternyata memadamkan api dengan cara tradisional mapun menggunakan apar harus melihat arah angin juga. Jadi memadamkan api harus serah dengan arah angina,” kata Budi. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here