Dishub dan Organda Tunggu Petunjuk Teknis Larangan Mudik

0
194

SHIMANEWS.id, Jepara – Pemerintah pusat telah memutuskan untuk melarang mudik pada Idulfitri tahun ini. Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara dan organisasi angkutan darat (Organda) Kabupaten Jepara menunggu petunjuk teknis larangan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Trisno Santoso, mengatakan belum mengeluarkan kebijakan apapun berkait larangan mudik Lebaran tahun ini. Pihaknya masih menunggu koordinasi dengan pemerintah provinsi.

“Kami masih menunggu koordinasi dulu dengan provisi. Larangan mudik itu seperti apa kami masih menunggu petunjuk teknisnya,” ujar Trisno, Rabu, 31 Maret 2021.

Berkaca tahun lalu, pemudik yang tiba di Kota Ukir diperiksa kesehatannya. Bila ditemukan penumpang bus dengan suhu badan tinggi langsung dikarantina. Pemeriksaan itu dilakukan di pintu masuk Jepara. Itu dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus korona covid-19.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Jepara, Samsul Arif, mengatakan pihak perusahaan bus siap menerapkan protokol kesehatan ketat bagi penumpang. Itu seperti penumpang harus mengantongi surat hasil tes PCR yang dikeluarkan maksimal tiga hari sebelum pemberangkatan.

“Ini masalahanya belum ada petunjuk teknis soal itu (larangan mudik). Kondisinya memang membingungkan. Harapan kami pemerintah tetap mengizinkan mudik. Dengan catatan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kami siap menjalankan itu,” kata Samsul.

Larangan mudik tahun ini menjadi pil pahit kedua kalinya bagi perusahaan bus. Sebab, momentum Lebaran merupakan puncak jumlah penumpang. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here