Jelang Hari Jadi, Forkompinda Zairah Makam Leluhur Jepara

0
117

SHIMANEWS.id, Jepara – Jelang hari jadi ke 472 Jepara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ziarahi ke makam-makam leluhur cikal bakal Kota Ukir. Yaitu makam Mbah Panggang, Pangeran Syarif, Makam Gedong Bapangan, Makam Citrosoemo Sendang, Makam Mantingan, dan terakhir di Makam Mbah Daeng Krapyak.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan bahwa ziarah ini merupakan tradisi yang selalu diselenggarakan tiap jelang peringatan hari jadi. Tujuannya untuk mengingat peran dan keteladanan leluhur dalam menjalankan pemerintahan Jepara.

“Ini sudah rutin setiap hari jadi. Tujuannya supaya kita tetap Ingan leluhur kita sendiri,” ujarDian usai Ziarah, Kamis, 8 April 2021.

Biasanya saat peringatan hari jadi selalu digelar dengan meriah. Namun, lantaran masih diselimuti pandemi, peringatan hari jadi dilaksanakan secara sederhana.

“Pandemi masih berlangsung jadi tidak dirayakan ramai-ramai. Cukup kita ziarah saja,” kata Dian.

Hari Jadi Kabupaten Jepara juga ditandai dengan penggantian luwur atau kain penutup makam Sultan Hadlirin di Mantingan. Penggantian luwur ini akan dilaksanakan besok siang, Jumat, 9 April 2021, pukul 14.00 WIB. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here