Jelang Ramadan Harga Daging Ayam Naik

0
158

Pedagang daging ayam di Pasar Jepara Satu (Foto: Shimanews.id)

SHIMANEWS.id, Jepara – Menjelang bulan suci Ramadan harga daging ayam di Kabupaten Jepara, naik. Kenaikan harga daging ayam mencapai Rp10 ribu per kilogram.

Satuan Tugas (Satgas) Pengendali Inflasi Daerah, Heru Sutamaji, mengatakan naiknya harga daging ayam disebabkan banyak kandang peternakan ayam yang kosong. Itu karena saat ini para peternak sedang menunggu antrean untuk mendapatkan day old chicken (DOC) atau ayam yang baru menetas.

“Pantauan kami di lapangan itu, para peternak sedang menunggu DOC jadi pasokan daging otomatis tidak ada,” ujar Heru ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 9 April 2021.

Selain banyak kandang peternakan ayam yang kosong, kebutuhan daging ayam masih banyak dipasok dari daerah luar. Sebab, produksi daging ayam di Jepara hanya 12,43 ton perhari. Sementara kebutuhan daging ayam tiap hari sebanyak 21,71 ton.

“Untuk memenuhi kebutuhan harian saha masih kurang. Sementara, perusahaan peternakan ayam yang ada di Jepara, menjual ayamnya ke luar daerah,” kata Heru.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Jepara Satu, Denik, mengatakan harga daging ayam mulai naik pekan ini. Saat ini harga daging ayam potong Rp40 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya Rp30 ribu per kilogram.

“Semua naik, rat-rata naiknya Rp10 ribu per kilogram. Hanya daging ayam kampong saja yang naik Rp5.000,” kata Denik.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, harga daging ayam naik terjadi saat jelang Ramadan. Kemudian akan turun di pertengahan Ramadan. Harga daging ayam akan kembali naik saat jelang Lebaran. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here