Tingkatkan Daya Saing Produk, Disabilitasi Dibekali Pelatihan

0
144

Anggota DPRD Jepara, Nur Hidayat, memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan untuk penyandang disabilitas. Foto: Istimewa

SHIMANEWS.id, Jepara – Puluhan penyandang disabilitas di Kabupaten, Jawa Tengah, dibekali pelatihan usaha ekonomi produktif. Itu untuk membekali kemandirian penyandang disabilitas.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Nur Hidayat, mengatakan pelatihan ini sengaja diberikan kepada penyandang disabilitas agar produk ekonomi yang selama ini sudah dihasilkan mampu bersaing dengan produk yang ada dipasaran. Serta untuk meningkatkan nilai produk yang dibuat penyandang disabilitas.

“Selama ini teman-teman disabilitas ini sudah mempunyai produk-produk yang menurut saya tidak kalah dengan produk yang sudah ada di pasaran. Hanya saja teman-teman ini masih kurang dipasca produksi, sehingga perlu dibekali pelatihan,” ujar Nur Hidayat, usain membuka pelatihan ekonomi produktif bagi penyandang disabilitas di sekretariat Sahabat Difa, Jumat, 9 April 2021.

Produk yang sudah dihasilkan penyandang disabilitas, diantaranya jamu tradisional, tas, hand sanitizer, Saat ini Sadifa sudah memproduksi jamu Olahan, handSanitizer, tas belanja, dan sandal. Namun, pemasaran produk-produk tersebut belum memanfaatkan teknologi komunikasi dan internet.

“Itu sebabnya teman-teman ini diberi pelatihan manajemen usaha, akuntansi, produksi, pemasaran, dan distribusi yang berbasis teknologi,” kata Nur Hidayat yang juga anggota DPRD Jepara.

Ketua Sahabat Digabel Jepara, Adib Budiono, mengatakan pelatihan yang diberikan sangat berguna bagi dia dan teman-temannya. Terutama dalam hal ekonomi produksi sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan kemandirian penyandang disabilitas.

“Memang kami ada kekurangan dalam pemasaran, dengan adanya pelatihan ini jadi sangat membantu sekali,” ujar Adib. (Rhs/SN)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here