Lansia Meninggal Usai Vaksinasi Masih Jadi Misteri

0
114

SHIMANEWS.id, Jepara – Kematian Masini, warga Desa Teluk Wetan, usai vaksinasi masih menjadi misteri. Sampai sekarang pihak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara belum berhasil mengungkap sebab kematian itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mudrikatun, mengatakan bahwa saat ini tim yang sudah dia bentuk masih melakukan penelitian. Penelitian ini melibatkan tenaga-tenaga kesehatan ahli.

“Ini masih proses penyelidikan oleh tim, jadi saya belum berani membuat kesimpulan,” ujar Mudrikatun, Kamis, 15 April 2021.

Mundrikatun mengatakan, vaksin yang disuntikkan masih dalam kondisi bagus. Selain disuntikan kepada Masini, vaksin yang sama juga disuntikan kepada sembilan orang lainnya, sebelum Masini. Sembilan lansia yang disuntik dengan vaksin yang sama dengan Masini, kondisinya sampai sekarang sehat.

“Kalau (meninggal) gara-gara vaksin, tentu yang sembilan orang lainnya mestinya juga terdampak, tapi nyatanya tidak,” kata Mundrikatun.

Mudrikatun menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan penyelidikan kematian itu lebih dari lima hari, yaitu karena tim masih melacak riwayat penyakit Masini. Sebab, saat discreening, Masini tidak menyatakan bahwa dirinya memiliki riwayat penyakit.

“Jadi kejujuran masyarakat itu juga sangat penting,” kata Mundrikatun.

Seperti diketahui, Masini, warga Desa Teluk Wetan meninggal malam setelah divaksin dosis pertama pada pagi hari pekan lalu. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here