54 SMP Laksanakan Ujian Sekolah Tatap Muka

0
144

SHIMANEWS.id, Jepara – Sebanyak 54 sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Jepara akan melaksanakan ujian sekolah (US) tatap muka. Sementara SMP yang melaksanakan US secara dalam jaringan (daring) sebanyak 39 sekolahan. Pelaksanaan US tatap muka berlangsung selama dua pekan, hingga 1 Mei 2021.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Jepara, Darono, mengatakan sekolah-sekolah yang akan melaksanakan US tatap muka telah mempersiapkan penerapan protokol kesehatan di sekolah. Itu seperti mengatur jarak tempat duduk siswa. Serta menyiapkan sarana penunjang prokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan.

“Yang tatap muka sudah dapat izin dari orangtua siswa,” ujar Darono, Jumat, 16 April 2021.

Secara teknis, US tatap muka dan daring sama. Mulai dari waktu pelaksanaan hingga jumlah mata pelajaran yang dikerjakan siswa.

“Setiap hari siswa yang daring maupun tatap muka hanya mengerjakan satu mata pelajaran,” kata Darono.

Salah satu sekolah yang melaksanakan US daring yaitu, SMP Negeri 6 Jepara. Itu lantaran hampir sebagian besar orang tua siswa di sekolah tersebut tak memberikan izin kepada anaknya untuk mengikuti US tatap muka.

“Karena hampir semua orang tua menghendaki daring, jadi US di sekolahan kami daring,” kata Darono yang juga Kepala SMP Negeri 6 Jepara.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah untuk pelaksanaan US. Sekolah yang sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka dan mendapat izin orangtua siswa, dipersilakan melaksanakan US tatap muka.

“Kalau sekolahan itu siap, silakan tatap muka,” kata Agus. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here