Bupati; Perempuan Jepara Tak Mudah Dikalahkan

0
197

SHIMANEWS.id, Jepara –  Ruang kerja Bupati Jepara yang semula di komplek gedung Sekretariat Daerah, sejak 9 Maret 2021, pindah ke rumah utama Pendapa Kabupaten, yaitu rumah yang dulu pernah ditinggali RA Kartini. Ruang kerja bupati menempati ruangan yang berdampingan dengan kamar yang pernah digunakan untuk memingit RA Kartini selama enam tahun. Itu lantaran ruang kerja bupati tengah direnovasi.

“Bekerja di ruangan ini, saya menjadi semakin yakin kalau perempuan Jepara tidak mudah dikalahkan oleh keadaan. Ini warisan yang luar biasa. Raden Ajeng Kartini sudah memeberikan tauladan yang luhur,” ujar Bupati Jepara, Dian Kristiandi, ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 21 April 2021.

Rumah utama Pendapa Kabupaten merupakan rumah dinas bupati. Namun, sejak mantan bupati Marzuqi tersangkut kasus korupsi, rumah dinas dibiarkan kosong. Saat ini Bupati Dian Kristiandi pun tak menempati rumah dinas tersebut.

Di masa pandemi ini, peran perempuan Jepara sangat terlihat. Yaitu ketika kondisi ekonomi masyarakat dan keluarga terpuruk, perempuan-perempuan Jepara dengan kegigihannya mau membantu membangkitkan ekonomi bagi keluarganya.

“Dari dulu sampai sekarang, perempuan-perempuan Jepara memang terkenal sebagai pekerja keras. Mereka tidak melulu bertumpu pada laki-laki. Maka saat pandemi seperti ini, mereka sudah terlatih untuk ikut membangkitkan ekonomi keluarganya,” kata Dian.

Di masa sekarang dan ke depan, Dian berharap agar langkah dan pemikiran perempuan-perempuan Jepara bisa melampaui tokoh-tokoh leluhur. Namun begitu, dirinya berharap agar keteladanan-keteladanan yang diwariskan leluhur, seperti RA Kartini, tetap menjadi pijakan dalam setiap melangkah dan berpikir. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here