KPOTI Jepara Siap Lestarikan Permainan Tradisional

0
322

SHIMANEWS.id, Jepara –  Sebanyak 31 pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Jepara periode 2021 – 2025 dilantik. Pelantikan berlangsung Selasa petang, 20 April 2021, di pendapa kabupaten. Pelantikan dipimpin langsung Ketua Umum KPOTI Pusat M. Zaini Alif, didampingi jajaran pengurus KPOTI Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Umum KPOTI Jepara, Ahmad Kholik, mengatakan bersama dengan angotanya siap berkomitmen memajukan permainan dan olahraga tradisional di Bumi Kartini. Disampaikan bahwa, Jepara merupakan salah satu gudangnya permainan tradisional. Hal ini sebagaimana dilihat pada masa Raden Ajeng Kartini.

“Selain belajar, Raden Ajeng Kartini juga mengenalkan berbagai macam permainan kepada anak-anak saat itu. Mereka dengan riang gembira memainkan permainan dan juga belajar,” kata Kholik.

Ketua Umum KPOTI Pusat M. Zaini Alif mengatakan, melestarikan permainan dan olahraga tradisional ini bukan tugas yang mudah. Perlu perjuangan yang keras dan terus dilakukan. Permainan dan olahraga tradisional ini adalah bentuk implementasi budaya asli bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

“Beberapa surat-surat R.A Kartini, banyak sekali dijumpai kata bermain atau permainan. Ada lebih dari 30 kata bermain, yang ditulis pahlawan emansipasi wanita itu. Ini artinya, R.A Kartini menaruh perhatian lebih kepada kebebasan anak-anak pada masanya untuk melakukan aktivitas bermain,” kata dia.

Disampaikan, Jepara yang merupakan tanah kelahiran R.A Kartini ini mempunyai potensi yang luar biasa untuk permainan dan olahraga tradisional. Dapat dikatakan, permainan merupakan alat transmisi pendidikan pada abad 18.

“Saya pikir, Jepara bisa menjad embrio untuk menggali permainan tradisional untuk anak-anak perempuan,” katanya. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here