Libur Lebaran, Karimunjawa Terbuka untuk Wisatawan

0
134

SHIMANEWS.id, Jepara – Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tetap dibuka untuk wisatawan pada libur Lebaran tahun ini. Untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan, jadwal pelayaran akan ditambah.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan aktivitas pariwisata di Karimunjawa selama libur Lebaran tetap dibuka. Namun, aktivitas pariwisata mulai dari penyebrangan harus menerapkan protokol kesehatan.

“Masih sama seperti dulu. Kalau mau kesana (Karimunjawa) ya, ke sana. Tapi dengan pembatasan. Jadi tidak terus ada larangan,” ujar Dian ditemui di Pendapa Kabupaten Jepara, Senin, 26 April 2021.

Dian meminta perusahaan jasa penyebrangan untuk menambah jadwal penyebrangan. Itu supaya protokol kesehatan bisa tetap diterapkan selama pelayaran. Serta, wisatawan dapat terangkut semua.

“Jasa penyebrangan kalau ada penambahan pelayaran malah lebih bagus,” kata Dian.

Berkaca pada tahun-tahun sebelum pandemi, jumlah kunjungan wisatawan ke Karimunjawa pada libur Lebaran bisa mencapai ribuan orang. Selain wisatawan dalam negeri, wisatawan manca negara juga berlibur ke Karimunjawa.

Diberitakan sebelumnya, selama larangan mudik, 6 – 17 Mei 2021, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, tak menutup Pelabuhan Kartini Jepara. Penyebrangan menuju kepulauan Karimunjawa tetap berjalan seperti biasa.

Kepala Bidang Perhubungan Laut, Suroto, mengatakan sampai saat ini perusahan operator kapal penyebrangan belum mengajukan izin penambahan pelayaran. Sampai saat ini penumpang kapal menuju Karimunjawa belum menunjukan ada lonjakan.

“Penumpang masih sepi. Wisatawan hanya satu dua. Untuk jadwal masih normal, penambahan jadwal nanti kondisional melihat penumpang yang mau menyebrang,” kata Suroto. (Rhs/SN)

Tinggalkan Balasan