Capaian Penerbitan KIA di Disdukcapil Jepara Melebihi Target Nasional

0
199

SHIMANEWS.id, Jepara – Di Kabupaten Jepara pada tahun 2020 terdapat 326.814 anak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 21,16 persen atau 68.928 telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Angka itu melebihi target nasional yang hanya 20 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, Sri Alim Yuliatun, mengatakan target nasional penerbitan KIA tahun ini naik 10 persen, yaitu menjadi 30 persen. Meskipun naik, Disdukcapil Jepara optimis mampu kembali lampaui target kepemilikan KIA.

“Sampai Maret sudah terealisasi 25,53 persen atau 83.694 anak sudah memiliki KIA, dari jumlah anak 325.855 jiwa,” ujar Sri Alim, Jumat, 30 April 2021.

Saat ini permohonan penerbitan KIA sebanyak 5.570 pemohon. Status permohonan itu telah selesai verifikasi dan siap cetak.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Jepara, Sulasih, mengatakan tercapainya target penerbitan KIA lantaran pihaknya melakukan jemput bola. Selain itu, juga menerima ajuan KIA kolektif secara daring dari berbagai lembaga pendidikan di Jepara.

Saat ini sudah ada 84 lembaga pendidikan yang bekerjasama dengan Disdukcapil untuk pembuatan KIA. Rinciannya 34 PAUD, 47 SD MI, dan 3 SMP.

“Kalau melihat jumlahnya, bila dibanding dengan jumlah lembaga pendidikan yang ada, memang belum seberapa. Harapan kami, lembaga pendidikan yang ada bisa bekerjasama. Dan kami siap jemput bola mendatangi sekolah-sekolah jika diperlukan,” kata Sulasih. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here