Objek Wisata di Jepara Ditutup Selama Libur Lebaran

0
223

SHIMANEWS.id, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menutup seluruh objek wisata selama musim libur lebaran, 13 – 19 Mei 2021. Pesta Lomban yang rutin diselenggarakan setiap tahun, kali ini juga ditiadakan.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan objek wisata yang ditutup tidak hanya yang dikelola pemerintah kabupaten. Tapi juga objek wisata yang dikelola pemerintah desa.

“Memang betul pemerintah (pusat) membuka tempat-tempat pariwisata, tapi kebijakannya kan dikembalikan ke masing-masing daerah. Dan kami mengambil kebijakan menutup seluruh objek wisata,” ujar Dian, Jumat, 7 Mei 2021.

Seperti di ketahui, beberapa objek wisata milik pemerintah desa sudah mulai dibuka. Itu seperti Pantai Blebak Desa Sekuro dan Desa Wisata Tempur Kecamatan Keling. Sementara objek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten seperti Pantai Bandengan dan Pantai Kartini, tiap akhir pekan dibuka untuk simulai pembukaan objek wisata. 

Berkait tradisi masyarakat pesisir, Sedekah Laut, tetap dilaksanakan namun digelar secara sederhana. Pementasan wayang kulit dalam tradisi Larung Kepala Kerbau dilangsungkan secara singkat. Arak-arakan kerbau yang akan dilarung pun ditiadakan.

“Larungnya sendiri tetap dilaksanakan, tapi peserta dibatasi. Pagelaran wayang kulit hanya 2 jam, tidak semalaman. Kemudian kegiatan ziarah makam ke leluhur-leluhur tetap ada,” kata Dian. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here