Perempuan Harus Mampu Perkuat Nilai-nilai Kebangsaan

0
173

SHIMANEWS.id, Jepara –  Perempuan harus mampu berperan dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan warga negara untuk menopang tegaknya sebuah negara.

“Perempuan atau ibu adalah tiang dalam keluarga dan keluarga adalah bagian terkecil dari negara. Sehingga bisa diartikan perempuan adalah tiang yang mampu menopang sebuah negara,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam Sosialisasi Empat Pilar secara daring di depan pengurus DPD Garnita dan perwakilan pengurus DPC Garnita Se Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dari 15 kecamatan, di kantor DPD NasDem, Jepara, Minggu (30/5).

Hadir dalam acara tersebut antara lain H. Pratikno (Ketua DPD NasDem Kab Jepara/Wakil Kegua DPRD Kab Jepara), Nurhidayat (Sekretaris DPD NasDem Kab Jepara) dan Farah Elfirajun (Ketua DPD Garnita Kab Jepara).

Menurut Lestari, saat ini pelaksanaan nilai-nilai kebangsaan oleh masyarakat sangat dibutuhkan untuk menegakkan kedaulatan negara terhadap ancaman dari luar.

Selain itu, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, keterlibatan perempuan untuk ikut serta dalam mengelola negara sangat penting, karena perannya yang cukup sentral dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Konsistensi dalam meningkatkan kapasitas politik setiap perempuan, jelasnya, harus terus ditingkatkan, untuk mendorong peningkatan peran perempuan di bidang politik.

Jika bicara kuantitas, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, jumlah perempuan di parlemen memang mengalami peningkatan sejak pemilu 1999. Saat ini komposisi perempuan di DPR RI tercatat 20,5%.

Akan tetapi, jelasnya, alangkah lebih baik bila perempuan di parlemen mulai memikirkan tentang kualitas dalam rangka mengambil peran strategis untuk melaksanakan fungsi-fungsi keterwakilan legislasi, anggaran dan pengawasan. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here