Generasi Milenial Harus Melek Wawasan Demokrasi Pancasila

0
159

SHIMANEWS.id, Jepara –  Tahun 20145 digadang-dagang sebagai tahun Indonesia Emas. Pada tahun tersebut, generasi milenial saat ini yang akan memegang kendali Negara ini. Itu sebabnya perlu membekali generasi milenial dengan wawasan demokrasi pancasila.

Anggota DPRD Kabupaten Jepara dari Partai NasDem, Padmono Wisnugroho, mengatakan generasi milenial mempunyai potensi yang sangat besar di usai produktif. Itu modal untuk menjadikan generasi milenial sebagai agen perubahan kea rah kemajuan.

“Hal lain, kaum milenial ini mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi kelompoknya, tapi juga mudah terpengaruh. Dengan dibekali wawasan demokrasi pancasila yang baik, diharapkan kaum milenial ini dapat berperan aktif membawa kelompoknya ke arah kemajuan,” ujar Wisnu, pada Minggu, 6 Juni 2021.

Hal tersebut Wisnu sampaikan saat menjadi pemateri sosialisasi pendidikan politik penguatan demokrasi pancasila pada generasi milenial. Sosialisasi yang diselenggarakan Bakesbangpol Kabupaten Jepara juga menghadirkan komisioner KPU Jepara, Risandi Kusuma, berlangsung kemarin lusa di Kecamatan Welahan.

Berkait pandemi covid-19, Wisnu melanjutkan, generasi milenial juga dituntut mampu mengendalikan pandemi ini. Yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, sehingga terhindar dari virus korona covid-19. Serta, berkontribusi dalam menekan penyebaran dan penularan covid-19.

“Kaum melinial diharkan mampu menyaring informasi yang benar tentang covid-19 dan menyebarkan informasi tersebut kepada masyarakat sehingga dapat menekan angka kasus covid-19,” kata Wisnu.

Sementara itu, Komisioner KPU Jepara, Risandy Kusuma, mengatakan nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam berdemokrasi sehingga harus terus ditanamkan. Apa lagi di era digital ini, semua generasi tidak bisa terlepas dari media sosial.

“Seharusnya media bisa menjadi sarana dalam menyebarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, bukan justru sebaliknya. Dan menerapkan nilai-nilai Pancasila merupakan langkah strategisuntuk menekan penyebaran Covid-19,” Kata Risandy. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here