Generasi Muda Dikenalkan Pendidikan Politik

0
194

SHIMANEWS.id, Jepara – Pendidikan politik perlu disampaikan sejak dini kepada masyarakat. Itu supaya budaya politik berjalan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPRD Jepara, Sunarto, dalam acara sosialisasi pendidikan politik penguatan demokrasi Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Generasi muda harus tau dan memahami betul pendidikan politik, terutama nilai-nilai toleransi dalam keberagaman,” ujar Sunarto, Kamis, 10 Juni 2021.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Bakesbangpol Kabupaten Jepara di Kecamatan Pakisaji pada, Rabu, 9 Juni 2021, Sunarto, menceritakan bahwa kehidupan berpolitik di Bumi Kartini pernah diwarnai gesekan. Bahkan, peristiwa di tahun 1997 dan 1999 itu hingga merenggut korban jiwa.

“Bahwa di Jepara peranah ada gesekan partai politik sampai ada yang meninggal, semua itu karena tidak ada kedewasaan berpolitik. Maka generasi muda sekarang harus melek berpolitik jangan jadikan perbedaan ajang permusuhan,” kata Sunarto.

Menurut Sunarto, usia muda bukan jadi penghalang untuk terjun langsung ke dunia Politik. Partai NasDem telah memberikan contoh nyata, dimana salah satu anggota DPRD dari Partai NasDem adalah anak muda.

“Mas Alfian Tegar, anggota DPRD dari Partai NasDem ini contohnya. Meski baru berusia 21 tahun tapi sudah menjadi anggota DPRD Kabupaten,” kata Sunarto.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan anggota DPRD Partai NasDem, Padmono Wisnugroho di Kecamatan Welahan. Wisnu mengatakan generasi milenial mempunyai potensi yang sangat besar di usai produktif. Itu modal untuk menjadikan generasi milenial sebagai agen perubahan ke arah kemajuan.

“Hal lain, kaum milenial ini mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi kelompoknya, tapi juga mudah terpengaruh. Dengan dibekali wawasan demokrasi pancasila yang baik, diharapkan kaum milenial ini dapat berperan aktif membawa kelompoknya ke arah kemajuan,” ujar Wisnu. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here