Peduli Covid-19, Media Grup Bantu Tabung Oksigen Rumah Sakit di Jepara

0
82

SHIMANEWS.id, Jepara –  Media Grup memberikan bantuan tabung oksigen untuk rumah sakit (RS) di Kabupaten Jepara yang merawat pasien covid-19. RS yang menerima bantuan yaitu, RS PKU Muhammadiyah Mayong, RSUD Kartini, RS Graha Husada, RS PKU Aisyiyah Jepara, RSI Sultan Hadlirin, dan RS Rehatta Kelet. Secara simbolis, bantuan tabung oksigen diserahkan Ketua Komisi C DPRD Jepara, Nur Hidayat.

“Disaat kasus covid-19 teru snaik seperti sekarang, kebutuhan oksigen meningkat tajam, bahkan beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan di Jepara. Hari ini Media Grup memberikan bantuan tabung oksigen untuk rumah sakit di Jepara,” ujar Nur Hidayat, Selasa petang, 6 Juli 2021.

Jumlah tabung oksigen yang diberikan untuk tiap rumah sakit sebanyak 11 tabung. Total ada sebanyak 66 tabung yang diberikan untuk RS di Kota Ukir. Tabung oksigen yang diberikan berukuran 6 meter kubik.

“Semoga bantuan tabung oksigen ini bisa membantu penanganan covid-19 di Jepara, khususnya pemenuhan ketersedian oksigen untuk pasien di rumah sakit,” kata Nur Hidayat.

Seperti diberitakan sebelumnya, seiring bertambahnya tempat tidur isolasi untuk pasien covid-19, kebutuhan oksigen di rumah sakit meningkat. Seperti di RSUD Kartini dalam sepekan membutuhkan sedikitnya 6.000 liter oksigen.

Humas RSUD Kartini, Hadi Sarwoko, mengatakan untuk kebutuhan oksigen tabung liquis di ICU dan ruang terpusat membutuhkan 800 liter per hari. Sementara, kebutuhan oksigen tabung berukuran 6 meter kubik, tiap hari sebanyak 15 hingga 20 tabung.

“Sehari oksigen yang (tabung) liquid butuh 800 liter, jadi seminggu setidaknya 6.000 liter, itu pun kami masih ketar-ketir,” ujar Hadi. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen, RSUD Kartini menambah perusahaan pemasok. Semula, hanya bekerjasama dengan satu perusahaan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan oksigen, kini bekerjasama dengan tiga perusahaan. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here