Sekda Jepara Dibebastugaskan

0
194

SHIMANEWS.id, Jepara – Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, dibebastugaskan sementara dari jabatannya. Edy Sujatmiko diduga melakukan pelanggaran disiplin tingkat berat.

Kepala Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jepara, Ony Sulistijawan, mengatakan keputusan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Tanggal 9 Agustus 2021. Membebastugaskan Sekda dilakukan untuk kepentigan pemeriksaan dan pendalaman dugaan pelanggaran berat.

“Sesuai SK Bupati mulai tanggal 9 Agustus kemarin sampai dengan keputusan hasil pemeriksaan. Itu sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS Pasal 27,” ujar Ony, Selasa, 10 Agustus 2021.

Dugaan pelanggaran disiplin berat sudah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada Juni 2021. Kepustusan membebastugaskan dilakukan agar tidak terjadi konflik kepentingan selama pemeriksaan.

“Sudah dilaporkan ke KASN sebagai bukti awal, melalui surat bupati sejak bulan Juni. Dan belum bisa kami publikasikan karena masih dalam proses pendalaman,” kata Ony.

Pantauan Medcom.id, ruangan Sekda di kompleks Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Jepara sepi. Hanya ada dua pegawai yang berjaga di sekertariat depan ruangan Edy.

Dihubungi melalui sambungan seluler, Edy, mengatakan tidak menegrti mengapa dirinya dibebastugaskan sementara. Pihaknya mendapatkan surat yang berisi pembebastugasan sementara dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kemarin sore, Senin, 9 Agustus 2021.

“Saya enggak ngerti. Saya tadi sore kerja, rapat itu sampai jam 14.30 WIB. Saya menerima surat diantar oleh BKD. Intiya saya dibebastugaskan,” kata Edy.

Edy mengaku sudah pernah diperiksa di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. Bahkan, sudah ada jawaban dari KASN tentang pelaporan itu. Tetapi, perkara yang disematkan kepadanya masih terus berlanjut. Buntutnya, kini dia dibebastugaskan sementara.

“Saya juga enggak tahu. Ternyata ujug-ujug ada pembebastugasan saya enggak ngerti. Tapi yang dibuat dasar katanya mau diperiksa. Saya juga enggak ngerti, mau diperiksa kok, dibebastugaskan,” kata Edy.

Hingga saat ini, Edy menegaskan belum menerima surat pemeriksaan itu. Rencananya, Edy akan diperiksa oleh tim yang dibentuk oleh Bupati Jepara dan Gubernur Jawa Tengah terkait dugaan pelanggaran disiplin berat. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here