Vaksin Booster untuk Dosis Ketiga Tiba di Jepara

0
51

SHIMANEWS.id, Jepara – Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Jepara, Jawa Tengah sudah menerima vaksin booster. Vaksin itu disuntikan untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Instalasi Farmasi Kabupaten Jepara, Ikha Rahmawati, mengatakan vaksin booster Moderna yang sudah diterima sebanyak 260 vial. Tiap satu vial untuk 14 sampai 15 nakes.

“Sudah datang sejak hari Sabtu lalu, saya sendiri yang mengambil ke provinsi,” ujar Ikha, Rabu, 11 Agustus 2021.

Saat ini vaksin dosis ketiga untuk nakes telah didistribusikan ke rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Pendistribusian vaksin Moderna dimulai sejak kemarin.

“Yang kemarin belum ambil (vaksin Moderna), hari ini mulai pada mengambil. Untuk penyuntikannya, tergantung masing-masing fasilitas kesehatan,” kata Ikha.

Untuk penyimpanannya, Ikha menjelaskan vaksin Moderna berbeda dengan vaksin-vaksin lain. Di gudang UPTD Instalasi Farmasi, vaksin Moderna disimpan pada suhu di bawah -15 derajat celsius. Sekali dibuka, vaksin Moderna harus digunakan dalam 24 jam.

“Kalau disimpan di suhu 2-8 derajat celsius itu vaksin Moderna hanya bertahan cuma 30 hari. Kalau sudah dibuka harus digunakan, lebih dari 24 jam dipastikan rusak,” kata Ikha.

Dengan jumlah stok Vaksin Moderna saat ini, Ikha memastikan tidak cukup untuk menyuntik semua nakes di Jepara. Sebab, nakes yang ada tidak hanya di Puskesmas dan rumah sakit. Melainkan ada juga yang bekerja di klinik-klinik. “Sementara ini prioritas dulu untuk (nakes, red) Puskesmas, rumah sakit, dan klinik yang menangani pasien covid-19 langsung,” kata Ikha. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here