Bupati; Angka Kasus Covid-19 Tak Ada yang Disembunyikan

0
14

SHIMANEWS.id, Jepara – Angka aktif covid-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terus turun sejak sebulan terakhir. Penurunan angka aktif lebih dari 10 kasus per hari. Sementara, jumlah pasien covid-19 yang di rawat di rumah sakit jumlahnya naik turun dalam sepekan terakhir.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan data angka kasus covid-19 yang disajikan kepada masyarakat merupakan angka yang sesungguhnya. Pemerintah kabupaten tak menutupi jumlah kasus covid-19.

“Ya, memang seperti itu kondisinya. Saat terjadi lonjakan kasus, ya datanya memang tinggi. Saat turun, datanya ya turun. Tidak ada data kasus yang ditutup-tutupi,” ujar Dian, Jumat, 20 Agustus 2021.

Sebelumnya, Deputi II Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Bidang Pembangunan Manusia, Abetnego Tarigan, menyebut sejumlah kepala daerah kerap menutupi data penyebaran covid-19. Itu dilakukan untuk membentuk citra positif. Kondisi itu membuat Presiden Joko Widodo gusar lantaran data perkembangan covid-19 di daerah dan pusat tidak sinkron.

Saat ini angka aktif covid-19 sebanyak 122 kasus. Jumlah itu turun sembilan kasus dari hasri sebelumnya, yaitu 131 kasus. Tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2021, angka kasus aktif sebesar 159 kasus.

“Untuk angka pasien yang dirawat di rumah sakit, per hari ini ada 15 pasien. Lima orang dirawat di rumah sakit di luar daerah, 10 pasien dirawat di rumah sakit di Jepara,” kata Dian.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Haizul Ma’arif, mengatakan pengelola data penyebaran covid-19 adalah Dinas Kesehatan, Polres Jepara, dan Kodim 0719 Jepara. Data penyebaran covid-19 yang disajikan ke masyarakat murupakan gambaran kondisi nyata.

“Kalau saya melihat, teman-teman benar-benar serius dalam menyajikan data. Memang kondisinya seperti itu,” kata Haiz.

Bila dibanding sejumlah daerah di Jawa Tengah, pengelolaan data penyebaran covid-19 di Bumi Kartini lebih baik. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here