Wisatawan Mulai Kunjungi Kepulauan Karimunjawa

0
41

SHIMANEWS.id, Jepara – Wisatawan mulai mengunjungi kepulauan Karimunjawa pasca pembukaan pariwisata. Ratusan wisatawan menyerbarang ke wilayah terluar Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada hari pertama pelayaran usai pembukaan objek wisata.

Salah satu wisatawan, Deni, mengatakan akan berwisata di kepulauan Karimunjawa selama tiga hari ke depan. Ia mendapatkan informasi dibukanya Karimunjawa dari biro jasa penyeberangan.

“Ini rencananya mau wisata saja. Barengan sama teman-teman,” ujar Deni, wisatawan dari Semarang ditemui di Pelabuhan Penyebrangan Kartini Jepara, Jumat, 3 September 2021.

Untuk dapat menyebrang ke Karimunjawa, Deni menunjukan sertifikat vaksin covid-19 dan surat hasil rappid antigen.

“Kalau vaksin saya sudah dua kali. Untuk rapid antigen tadi saya tes di dekat kota (Jepara),” kata Deni.

Manajemen operator kapal penyebrangan ke Kaimunjawa, Ahmad Wildan, mengatakan penumpang kapal pada hari ini dipenuhi wisatawan. Kapasitas kapal itu mestinya 450 kursi. Namun, selama masa pandemi kapasitas penumpang dibatasi maksimal hanya 248 orang.

“Hari ini penyeberangan pertama setelah pembukaan wisata Karimunjawa secara resmi. Sudah banyak wisatawan luar kota yang datang. Tadi penumpang full kapasitas (248 penumpang),” kata Wildan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, mengatakan seluruh objek wisata di Bumi Kartini kembali dibuka. Itu seiring penurunan level pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Ukir.

“Objek wisata sudah dibuka semua, tapi jumlah pengunjung masih dibatasi yaitu 25 persen. Termasuk Karimunjawa juga sudah dibuka,” kata Zamroni.

Meski objek wisata telah dibuka, sampai saat ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara belum melakukan komunikasi promosi dengan asosiasi perusahaan perjalanan wisata. Itu karena pembatasan masih diterapkan di sejumlah daerah.

“Untuk pengunjung harus menunjukan kartu vaksin atau mengakases aplikasi peduli lindungi,” kata Zamroni. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here