Percepatan Vaksinasi, Puluhan Nakes Dikirim ke Karimunjawa

0
41

SHIMANEWS.id, Jepara – Perepatan pembentukan herd immunity dengan vaksinasi di kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepata terus dikebut. Puluhan tenaga kesehatan (nakes) akan dikirim ke wilayah terluar Kabupaten Jepara untuk melaksanakan vaksinasi.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Muh Ali, mengatakan pengiriman nakes ke Karimunjawa lantaran jumlah nakes di wilayah kepulauan tersebut terbatas. Sementara, vaksinasi juga harus dilakukan dengan cara jemput bola. Yaitu, mendatangai warga yang bermukim di pulau-pulau.

“Akhir pekan ini akan kirim tambahan nakes ke Karimunjawa. Memang di sana kekurangan nakes. Sehingga vaksinasi tidak bisa berjalan cepat,” ujar Muh Ali, Senin, 6 September 2021.

Sebanyak tujum tim nakes yang akan dikirim ke Karimunjawa. Tiap tim beranggotakan lima nakes. Tiap tim ditarget mampu melakukan vaksinasi sebanyak 250 orang. Dalam waktu tiga hari, tujuh tim itu ditarget bisa menyuntikan vaksin covid-19 kepada 3.900 warga.

“Mudah-mudahan bisa selsai sesuai target waktu. Target pembentukan herd immunity di Karimunjawa tidak lagi 70 persen, tapi 100 persen warga tervaksin,” kata Muh Ali.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan vaksinasi 70 persen dari jumlah seluruh penduduk kepulauan Karimunjawa. Target warga yang divaksin sebanyak 8.624ribu. Hingga akhir pekan lalu, warga yang sudah tervaksinasi dosis pertama sebanyak 4.728 orang. Sedangkan, yang tervaksin dosis kedua baru 2.185 orang.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan percepatan vaksinasi di Karimunjawa diniatkan untuk mempercepat pembukaan wisata secara penuh di Karimunjawa. Sehingga, diharapkan roda perekonomian masyarakat bisa berputar lebih cepat lagi.

“Pariwisata sudah mulai dibuka, namun masih dengan batasan-batasan. Percepatan vaksinasi di Karimunjawa ini, salah satunya untuk itu, agar pariwisata di sana (Karimunjawa) bisa segera bergeliat,” kata Dian. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here