Lagi, TNI AL Serbu Kepulauan Karimunjawa dengan Vaksin

0
83

SHIMANEWS.id, Jepara – TNI Angkatan Laut kembali melaksanakan serbuan vaksin covid-19 untuk masyarakat di kepulauan Karimunjawa. Kali ini vaksin yang disuntikan untuk dosis kedua. Sebelumnya, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama di Puskesmas Karimunjawa pada 13 – 14 Agustus 2021.Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono, mengatakan ada dua ribu warga yang disuntik vaksin covid-19 dosis kedua. Vaksin dosis kedua mulai diberikan hari ini dan besok, Minggu, 19 September 2021. Vaksinasi ini merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 TNI AL.

“Vaksinasi ini guna mempercepat proses kekebalan kelompok (herld immunity) masyarakat Indonesia,” kata Laksamana Yudo, Sabtu, 18 September 2021.

sebanyak 89 tenaga kesehatan dikerahkan sebagai vaksinator. Selain itu, mereka juga dibantu oleh tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Karimunjawa.

“Vaksin kedua ini Sinovac. Melalui vaksinasi ini, diharapkan masyarakat lebih kebal secara imunitas dan kesehatannya,” kata Laksamana Yudo.

Protokol kesehatan diterapkan super ketat selama vaksinasi berjalan. Seperti menjaga jarak peserta dengan mengupayakan supaya tak terjadi kerumunan. Juga tetap memerintahkan semua peserta memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan mengurangi mobilitas.

“Saya berharap kita bisa normal lagi. Wisata di Karimunjawa bisa buka lagi. Supaya masyarakat tidak kesusahan lagi,” kata Laksamakan Yudo.

Kepala Puskesmas Karimunjawa, Suhadi, mengatakan target sasaran vaksinasi sebanyak 8.244  jiwa. Jumlah warga yang sudah menerima dosis pertama sebanyak 6.612 jiwa atau 80,1 persen. Kemudian warga yang sudah menerima vaksin dosis kedua sebanyak 3.469 jiwa atau 42,1 persren.

“Angka capaian itu belum termasuk 2.000 dosis kedua ini. Sesuai target Bapak Bupati 100 persen akan terus kami upayakan. Setiap hari vaksinasi masih tetap berjalan dan kami lakukan jemput bola ke pulau-pulau,” kata Suhadi. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here