Lestarikan Bahasa Lokal, Disparbud Gelar Lomba Bercerita Dialek Jeparanan

0
106

SHIMANEWS.id, Jepara –  Eksistensi bahasa lokal khas Jepara patut menjadi perhatian khusus. Sebab, melalui bahasa, identitas kedaerahan bisa tetap terjada kelestariannya. Guna melestarikan bahasa lokal, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, mengadakan lomba bercerita berdialek Jepara.

Kepala Seksi Kepurbakalaan pada Disparbud, Lia Supardianik, mengatakan penggunaan dialek Jeparanan itu dipilih untuk memunculkan kembali logat khas Kota Ukir itu. Pasalnya, saat ini sebagian masyarakat, terutama anak muda, sudah tidak menggunakan logat Jeparanan.

“Lomba ini didasari atas keprihatinan Bahasa Jawa. Terutama logat Jeparanan yang mulai jarang dipakai sebagian orang,” kata Lia ditemui di Museum Kartini Jepara, Selasa, 28 Oktober 2021.

Lomba itu diikuti 15 pelajar SD, 47 pelajar SMP, dan 19 pelajar SMA. Hari ini adalah kali pertama lomba itu digelar. Tak hanya logat khas Jepara, peserta juga diwajibkan membawakan cerita rakyat Jepara berupa legenda yang di Bumi Kartini.

Menilai hasil hari ini, Lia menganggap bahwa anak-anak SD masih belum bisa melafalkan logat Jeparanan dengan baik. Mereka masih terlihat menggunakan logat campuran dari berbagai daerah.

Sementara itu, salah satu juri, Rhobi Shani, menilai sama dengan Lia. Dia melihat logat-logat Jeparanan yang umum dijumpai belum begitu terlihat pada penyampaian cerita peserta. Begitu juga dengan kosakata khas Jepara tidak banyak digunakan peserta.

“Misalnya kata abang (merah, red), kalau pakai logat Jeparanan jadi abung, kemudian kalau merah sekali jadi uwabung. Kata-kata khas juga belum muncul, misalnya incu,” kata Rhobi.

Menurut Rhobi, lomba-lomba semacam itu penting diadakan lebih banyak lagi. Sehingga, logat Jeparanan bisa dilestarikan meski anak-anak muda digerus kebudayaan kekinian.

“DialekJeparanan itu kaya. Misalnya saja sama-sama Jepara, tapi logat orang Kecamatan Keling, itu pasti akan berbeda dengan logat orang Kecamatan Kedung,” ujar Rhobi. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here