Tembok Museum Kartini Dimural Perupa Jepara Bertema Peninggalan Leluhur

0
14

SHIMANEWS.id, Jepara –  Setelah  sekian lama tak berkarya secara kolektif, kini para perupa bisa berkarya bersama-sama lagi. Kali ini, para perupa Jepara membuat mural di salah satu sisi Museum Kartini.

Mural itu dibuat oleh para perupa dari empat komunitas. Yaitu komunitas Serupa Art Space, Parupa Art, Asta, dan Sketsapara.

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara, Kustam Eka Jalu, menyebut pembuatan karya tersebut merupakan program sinergi antara DKD, terutama Komite Seni Rupa dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).

Pada sisi sebelah barat museum itu, para perupa itu membuat mural benda-benda peninggalan luhur yang disimpan di Museum Kartini.

“Konsepnnya, memberikan deskripsi dan narasi tentang apa saja yang ada di dalam museum. Mural itu menjadi gambaran pembuka kepada para pengunjung sebelum mereka memasuki ruangan museum,” kata Kustam, Selasa, 28 September 2021.

Para perupa itu membuat mural RA Kartini, Macan Kurung, Fosil Ikan Joko Tuo, peralatan membatik dan berbagai peninggalan luhur lainnya.

Melalui kegiatan itu, Kustam berharap kerja-kerja kolektif para perupa Jepara bisa diperbanyak. Sehingga muncul karya-karya apik yang bisa memperindah Kota Ukir.

“Kita bisa melihat kebersamaan. Para perupa bisa guyup. Dan menghasilkan karya secara bersama-sama. Tentu ini harus kita rawat dan teruskan,” tutur Kustam. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here