Dekranasda Miliki Ruang Pamer Baru di MPP

0
98

SHIMANEWS.id, Jepara – Bumi Kartini merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal akan industri ukiranya. Sebagai sarana promosi hasil kerajinan itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kini memiliki ruang pamer baru di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Ketua Dekranasda Jepara, Hesti Nugroho, menyampaikan keberadaan ruang pamer di MPP sebagai salah satu langkah promosi kerajinan di Kot aUkir kian dikenal masyarakat. Kerajinan yang dihasilkan meliputi olahan kayu, textil, kerajinan pecah belah, monel, maupun daur ulang produk.

“Produk-produk itu sudah memiliki pasar sendiri, namun masih perlu dipacu dan dikenalkan lebih luas kepada masyarakat. Baik lokal, nasional, hingga internasional,” ujar Hesti, Kamis, 30 September 2021.

Ruang pamer di MPP juga untuk memudahkan pelaku usaha kerajinan mengurus perizinan. Sebab, di dalam MPP juga terdapat gerai-gerai kantor pelayanan. Itu seperti, perizinan, pajak, dan bank.

“Kami juga berharap agar kedepanya berbagai pihak dapat ikut serta dalam menyempurnakan, sebab pembangunan (ruang pamer) belum sepenuhnya selesai,” kata Hesti.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengapresiasi langkah Dekranasda dalam membuat tempat pameran baru bagi para pengrajin industri kreatif di Jepara. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jepara akan turut mendorong pengembangan industri kerajinan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat.

“OPD dan BUMD di Jepara telah menyatakan siap dalam mendorong berbagai program Dekranasda Jepara,” kata Dian.

Seperti diketahui, Dekranasda adalah salah satu lembaga dibawah naungan pemerintah yang menaungi bidang kerajinan, khususnya untuk pelaku pemula dituntut untuk kreatif dalam upaya membantu perkembangan usaha. Kerja sama dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik daerah (BUMD) menjadi kunci penting pengembangan usaha kerajinan di Jepara. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here