Bupati Mengingatkan Ada Banyak Rongrongan Terhadap NKRI

0
51

SHIMANEWS.id, Jepara – Bupati Jepara Dian Kristiandi memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 di halaman Kantor Setda Jepara. Kegiatan dilaksanakan dengan peserta terbatas dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

Bupati Jepara Dian Kristiandi membacakan teks Pancasila, sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara Haizul Maarif membacakan ikrar kesetiaan pada Pancasila.

Dalam teks ikrar kesetiaan Pancasila, yang ditulis Ketua DPR RI Puan Maharani, mengingatkan kepada masyarakat bahwa sejak proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945, telah terjadi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) baik dari dalam maupun luar negeri.

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara,” ungkap Haizul membacakan ikrar kesetian Pancasila pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Jumat, 1 Oktober 2021.

Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata dia.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak kepada masyarakat menjadikan momentum Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi.

“Selain menghargai jasa para pahlawan, ini menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Andi.

Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah mengingatkan kepada seluruh masyarakat terutama bagi generasi muda tentang sejarah bangsa dan perjuangan mempertahankan NKRI dan Pancasila.

“Ini merupakan bagian pembelajaran generasi muda. Pancasila adalah sebagai dasar dan ideologi bangsa,” tegasnya. (DiskominfoJpr/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here