Nur Hidayat Sambangi Kakek Renta Tinggal di Gubuk  

0
110

SHIMANEWS.id, Jepara –  Salah satu warga Desa Ngasem Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara, Sariyam, tinggal sendiri di gubuk lapuk di tengah kebun warga. Tiap hari, kakek sebatang kara itu menggantungkan hidup dari belas kasihan warga. Begitu juga untuk keperluan pribadi, seperti mandi dan buang air, Sariyam harus dibantu warga. Itu lantaran kondisi fisik Sariyam.Mendapat informasi itu, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Nur Hidayat, langsung menyambangi Sariyam. Saat Nur Hidayat datang pada, Sabtu petang, 9 Oktober 2021, Sariyam terbaring di dalam gubuknya yang berukuran tidak lebih dari tujug meter persegi.

“Benar-benar memprihatinkan kondisinya. Tinggal sendiri di gubuk kecil, dindingnya dari anyaman bamboo yang sudah bolong-bolong pintunya kain sarung,” ujar Nur Hidayat, Minggu, 10 Oktober 2021.

Melihat kondisi Sariyam, Nur Hidayat lantas menghubungi sejumlah pihak berkiat. Itu seperti Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsospermades). Juga menghubungi Badan Amil Zakat Nasioanl (Baznas). Serta Palang Merah Indonesia (PMI) dan oraginasi relawan.

“Informasi yang saya dapat, ternyata Mbah Sariyam ini pernah dibawa ke panti, tapi tidak betah terus pulang lagi. Saudaranya juga sudah menawarkan tempat tinggal, tapi Mbah Sariyam ingin tinggal sendiri. Makanya, kami mengajak masyarakat setempat untuk gotong royong membuatkan tempat yang layak,” kata Nur Hidayat.

Untuk kebutuhan makan, Nur Hidayat melanjutkan, Mbah Sariyam dibantu warga sekitar. Pemerintah Desa juga telah memberikan bantuan sembako.

“Sedangkan tanah yang ditempati Mbah Sariyam itu, tanah milik salah satu warga,” kata Nur Hidayat. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here