Pratikno Turut Tanam Mangrove Saat Program Mageri Segara

0
101

SHIMANEWS.id, Jepara – Kondisi Pantai Tanggultlare Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara cukup memprihatinkan. Pasalnya, di pantai yang jarang dijamah masyarakat itu kerap terjadi abrasi.

Melalui program “Mageri Segara”, Polres Jepara hari ini menanam pohon mangrove di Pantai Tanggultlare. Selain Polisi, forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Jepara juga ikut menanam mangrove. Begitu juga dengan aktivis lingkungan yang berasal dari kampus dan komunitas-komunitas pecinta alam.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara, Pratikno, yang juga hadir diacara penanaman mengatakan usai penanaman harus dipikirkan cara perawatannya. Sebab, ia menilai sejauh ini mangrove-mangrove hanya ditanam, tapi tidak dirawat secara berkelanjutan.

“Selain penanaman, tindakan setelah penanamannya juga harus dipikirkan. Mangrove harus dipastikan hidup dengan baik,” ujar Pratikno yang jug amenjabat Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara usai ikut menanam mangrove di Pantai Tanggultlare, Selasa, 12 Oktober 2021.

Selain di pantai Tanggultlare, Pratikno melanjutkan, sejumlah titik pantai di Jepara abrasinya cukup parah. Sehingga butuh penanggulangan dan penanganan yang serius. Itu seperti di pantai Mbulak, Surodadi, Panggung, Dukuh Malang, dan pantai Lemah Abang.

Kapolres Jepara AKBP Warsono, menyebut target penanaman pohon mangrove sampai bulan Desember mendatang sebanyak 70 ribu pohon. Tak hanya di Pantai Tanggultlare, nantinya pohon mangrove juga akan ditanam di banyak titik pesisir Jepara.

“Target kita sampai Desember 70 ribu pohon. Ini bertahap penanamannya. Secara menyicil sampai waktu yang ditentukan, mudah-mudahan tercapai. Lokasi (penanaman mangrove, red) yang lain nanti kita lihat, terutama wilayah pesisir yang rawan abrasi,” kata Warsono. Melalui penanaman ini, lanjut Warsono, diharapkan bisa melindungi daratan Jepara dari ancaman abrasi. Terutama ketika musim penghujan atau ketika terjadi ombak besar. (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here