Peringati HDI, Bupati Main Badminton dengan Atlet Peparnas

0
115

SHIMANEWS.id, Jepara – Bupati Jepara Dian Kristiandi bermain badminton dan pingpong dengan penyandang disabilitas di Pendapa Kabupaten Jepara, Minggu (12/12/2021). Orang nomor satu di kota ukir itu bermain badminton melawan Subhan, atlet difabel Jepara yang berhasil memperoleh medali emas di Peparnas Papua beberapa waktu lalu. 

Kegiatan ini menjadi bagian dari peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jepara. 

Dian Kristiandi mengungkapkan, penyandang disabilitas harus mendapat kesamaan kesempatan. Kesamaan kesempatan ini adalah keadaan yang memberikan peluang dan akses kepada penyandang disabilitas untuk menyalurkan potensi dalam segala bidang pembangunan.

“Bagi saudara-saudara penyandang disabilitas, kesamaan kesempatan adalah barang mewah dan eksklusif,” kata Bupati Andi.

Pandemi Covid-19 yang yang telah berlangsung hampir 2 tahun, telah membawa dampak terhadap perubahan sosial dan ekonomi. Dan penyandang disabilitas menjadi salah satu kelompok rentan yang harus terus didorong agar mandiri dan produktif.

Tidak dapat dipungkiri, untuk beraktifitas sebagaimana layaknya masyarakat umum, penyandang disabilitas masih menghadapi berbagai hambatan. Akan tetapi, Bupati menegaskan pemerintah kabupaten akan hadir untuk memenuhi dan melindungi hak-haknya.  

“Saya meminta kepada perangkat daerah, pengelola sektor-sektor publik untuk peduli kepada penyandang disabilitas dengan memberikan sarana dan akses memadai bagi saudara-saudara kita. Pemberian akses ini bukanlah untuk belas kasihan, akan tetapi lebih pada kesamaan dan kesetaraan hak sebagaimana warga lainnya,” tegas Andi.

Dalam rangka pemberdayaan penyandang disabilitas, lanjut Andi, pemerintah telah dan akan terus mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan perlindungan, pelayanan dan pemberdayaan para penyandang disabilitas. 

“Pemerintah juga akan terus melaksanakan program sosial dan program kemanusiaan seperti memberilan alat bantu seperti kursi roda, kaki palsu dan alat-alat lainnya. Mudah-mudahan ke depan, kita bisa memberikan yang lebih baik karena sesungguhnya hak setiap warga adalah sama,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Dian Kristiandi menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat. Diantaranya kursi roda sampai bantuan logistik.  (Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here