Nur Hidayat Mengajak Seluruh Elemen Msyarakat Memikirkan Disabilitas

0
106

FOTO: Ketua Komisi C DPRD Jepara jadi pembicara dalam sarasehan Sinergi Berbagai Elmen dalam Membentuk Kepedulian Insan Bertalenta Khusus di pendapa Kabupaten Jepara.

SHIMANEWS.id, Jepara – Seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Jepara diajak untuk memikirkan difabel. Masyarakat disabilitas harus mendapat ruang yang sama. Itu disampaikan Nur Hidayat saat jadi pembicara sarasehan bertajuk Sinergi Berbagai Elmen dalam Membentuk Kepedulian Insan Bertalenta Khusus.

Lebih lanjut Nur Hidayat menyampaikan, saat ini Kabupaten Jepara telah memiliki peraturan daerah (Perda) yang mengatur disabilitas. Meski begitu, di masyarakat masih sering dijumpai perlakuan serta pemberian ruang yang berbeda terhadap disabilitas.

“Itu sebabnya, ayo kita semua lebih memperhatiakan disabilitas. Seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Jepara untuk duduk bareng sama-sama  memikirkan teman-teman disabilitas,” ujar Nur Hidayat yang juga menjabat Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jepara, Senin, 17 Januari 2022.

Kegiatan sarasehan ini diselenggarakan Special Olympic Indonesia (SOIna) bertempat di pendapa kabupaten. Lebih lanjut, Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara itu mengukapkan, berkait disabilitas sampai saat ini masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilesaikan bersama. Itu seperti permasalahan sosial dan ekonomi. Pemerintah  diminta memikirkan disabilitas pada ruang lingkup pekerjaan.

“Itu tidak hanya tanggungjawab pemerintah saja, perusahaan-perusahaan swasta juga harus memberikan ruang pekerjaan kepada kawan-kawan disabilitas juga,” kata Nur Hidayat.

Bupati Jepara Dian Kristiandi yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, Agus Triharjono, mengatakan anak-anak yang bertalenta khusus nantinya bukan menjadi objek lagi. Tetapi menjadi subjek yang betul-betul akan menjadi bintang di Kabupaten Jepara.

“Saat ini, banyak sekali anak-anak yang bertalenta khusus masih belum mendapatkan tempat untuk belajar. Allhamdulillah di Jepara sudah berdiri SLB (Sekolah Luar Biasa) yang sejarahnya adalah dari SDLB Sosrokartono Kabupaten Jepara. Anak-anak yang bertalenta khusus ini masih banyak yang belum tertampung, mudah-mudahan lewat sarasehan ini nanti akan tercetus ide-ide atau gagasan baru akan muncul SLB baru di Kabupaten Jepara ini,” kata Agus.

(Rhs/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here